Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN) - Buku Onlineku

Buku Onlineku

Berbagai Informasi Penting

Advertisement

test banner

Jumat, 19 Juli 2013

Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN)

     Kali ini saya akan membahas bagian dari komunikasi radio penerbangan tetap atau Aeronautical Fixed Service (AFS). pertama saya akan memberikan penjelasan tentang Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN), semoga bahan ini bermanfaat bagi pembaca semua. trima kasih

Pengertian AFTN
Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN) adalah suatu sistem internasional jaringan tetap penerbangan yang disediakan, sebagai bagian dari layanan tetap penerbangan,untuk pertukaran pesan dan /atau data digital antar stasiun tetap penerbangan dan memiliki karakteristik yang sama dan yang kompatibel.


Teori AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication Network)

    AFTN adalah suatu Sistem Jaringan yang digunakan untuk Komunikasi Data Penerbangan antara Satu Bandara dengan Bandara lainnya. Komunikasi Data Penerbangan ini sangat penting karena berguna untuk mengirimkan Jadwal Penerbangan, Berita Cuaca dan Berita lain yang berhubungan dengan Penerbangan.
Dalam sistem AFTN di Bandara menggunakan peralatan yang dinamakan AMSC (Automatic Message Switching Centre) yaitu sistem komunikasi data penerbangan yang berbasis komputer.

Teori AMSC

Pengertian AMSC
    AMSC (Automatic Message Switching Centre) adalah Suatu sistem pengatur penyaluran berita (Message switching) berbasis komputer yang bekerja secara Store and Forward artinya berita masuk ke AMSC disimpan lalu disalurkan sesuai dengan address yang dituju. Fungsi yang dilakukan oleh AMSC`adalah menerima berita, memproses berita, menyalurkan berita sesuai dengan prioritas yang ada serta memberikan respon terhadap berita khusus.
Pemrosesan Berita meliputi :

  • Identifikasi Berita
  • Penyaringan Berita (Filtering Message) sesuai dengan Format yang dikenal
  • Perbaikan Berita yang menyimpang tapi masih dalam batas toleransi Sistem
  • Penyimpanan Berita
  • Pengalamatan Berita
  • Pemberian Respon terhadap Berita sesuai dengan aturan yang ada

Karena Sistem AMSC digunakan untuk lingkungan penerbangan, maka sistem AMSC harus mengikuti standar format dan aturan penanganan berita yang ditetapkan oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) Annex 10 Volume II untuk jaringan AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication Network).

Setiap Bandara mempunyai alamat yang tidak sama dan terdiri dari 4 karakter alfabet yang menunjukkan alamat Bandara tersebut dan 3 karakter alfabet yang menunjukkan unit disuatu Bandara dan 1 karakter alfabet yang menunjukkan Filler.

Contoh:
Alamat Unit Briefing Office Bandara Juanda Surabaya
WARRYOYX
WARR : Alamat AMSC Bandara Juanda Surabaya
YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Juanda Surabaya
Alamat Briefing Office Bandara Soekarno Hatta Jakarta
WIIIYOYX
WIII : Alamat AMSC Bandara Soekarno Jakarta
YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Address AFTN di Indonesia

FORMAT BERITA AFTN
Format Berita AFTN terdiri dari :
A. Heading
B. Address
C. Origin
D. Text/Isi Berita
E. Ending
A. Heading :
Heading terdiri dari :
1. Start Of Message (SOM) berupa Karakter ZCZC diikuti dengan Spasi
2. Transmission Identification, terdiri dari :
    a. Circuit Identification (ID), terdiri dari 3 Karakter Alfabet
        - Karakter Pertama mengidentifikasikan Pengirim
        - Karakter Kedua mengidentifikasi Penerima
        - Karakter Ketiga mengidentifikasi ID Saluran
    b. Channel Sequence Number, terdiri dari 3 Digit dan bernilai dari 0000 sampai 9999
        Setiap Channel harus mempunyai Nomor Urut sendiri dan Nomor ini 
        harus kembali ke 1 (Reset) pada saat Jam 00.00 GMT (Pergantian hari).
    c. Time Of Transmission, terdiri dari DDmmss
        DD = Tanggal mm = Jam ss = Menit
        Time Of Transmission berubah sesuai Jam Pengiriman/saat Berita terkirim.
Contoh Heading :
ZCZC RIA0025 250810
artinya :
Berita ke 25 dikirim dari Channel A dari Stasiun A ke Stasiun B pada Tanggal 25 Jam 08 dan Menit ke 10.

B. Address :
Address terdiri dari :
1. Priority Indikator, berupa 2 Karakter yang menunjukkan Prioritas Berita 
    yang diberikan pada saat Berita dibuat
    Prioritas Berita :
    - SS = Berita Penting/Darurat yang harus segera tiba ditujuan
    - DD = Berita yang perlu penanganan khusus
    - FF = Berita Penerbangan Umum
    - GG = Berita Meteorologi/Penerbangan Regular/Administrasi
    - KK = Berita Reservasi/Jawatan Penerbangan Umum
2. Address Indikator, terdiri dari :
a. Location Indikator, berupa 4 Karakter Alfabet yang menunjukkan lokasi Tujuan
b. Organisation Address, berupa 3 Karakter Alfabet yang menunjukkan Organisasi Tujuan
c. Filler, berupa satu Karakter Alfabet X
Contoh Address :
FF WAAAYOYX
artinya :
FF : Prioritas Berita
WAAAYOYX : Address Indikator
WAAA : Location Indikator/Lokasi AMSC Tujuan
YOY : Organization Addressed/Organisasi Tujuan (Unit)
X : Filler
C. Origin
Origin terdiri dari :
1. Filling Time, mempunyai Format DDhhmm yaitu DD = Tanggal, mm = 
    Jam dan mm = Menit pada saat Berita dibuat.
2. Origin Indikator terdiri dari :
    a. Location Indikator, berupa 4 Karakter Alfabet yang menunjukkan lokasi Asal
    b. Organisation Address, berupa 3 Karakter Alfabet yang menunjukkan Organisasi Asal
    c. Filler, berupa satu Karakter Alfabet X

Contoh Origin :
251025 WIIIYOYX
artinya :
251025 : Tanggal 25, Jam 10 dan Menit ke 25 Berita dibuat
WIIIYOYX : Origin Indikator
WIII : Location Indikator/Lokasi AMSC Asal
YOY : Organisation Address/Organisasi Asal (Unit)
X : Filler

D. Text/ Isi Berita
Panjang Text tidak boleh lebih dari 1800 Karakter
F. Ending/End Of Message (EOM)
Berupa 4 Karakter Alfabet NNNN

SERVER AMSC :
    Server AMSC adalah Tempat Pemrosesan Berita dimana Server AMSC terdiri dari AMSC A dan AMSC B.
 Tampilan AMSC pada server 1 sampai 16

Tampilan AMSC pada server 17 sampai 32

Keterangan :

Inf              : Informasi tiap Channel

Init             : Format Removable Storage
Date           : Untuk setting (Bulan/Tanggal/Tahun)
Time           : Untuk setting waktu (Jam : Menit : Detik)
Amsc          : Informasi AMSC
dwn             : Untuk Shutdown AMSC
A                 : Untuk mengaktipkan AMSC A
X                 : Untuk keperluan Instalasi
01/21/2002  : Menunjukkan Tanggal, Bulan dan Tahun
12:15:23      : Menunjukkan waktu Jam, Menit dan Detik
001 → 003  : 001 Menunjukkan Channel
                      003 Menunjukkan Correction
Mon            : Menunjukkan Channel yang dimonitor
Circ             : Circuit (TfRf, TfRn, TnRf, TnRn)
Tsq              : Menunjukkan Transmit Sequence Number yang akan datang
Rsq              : Menunjukkan Receiver Sequence Number yang akan dating
Altr │pri
000 │1         : Menunjukkan Channel yang dialternate dan Priority
                     (1 → SS, 2 → DD & FF, 3 → GG & KK, 123 → semua Priority)
Q                  : Menunjukkan antrian Berita pada Saluran tersebut


Jenis berita AFTN Ada 7 jenis berita (message) yang berlaku pada sistem AMSC yaitu:
  • Normal Message
  • Service message
  • Outstation message
  • Priodic message
  • Test message
  • Anknowledgement message
  • duplicated message
1. Normal Message
    yaitu berita dari pemakai yang harus disalurkan ke alamat tujuannya. terdapat dua macam format berita,  yaitu ITA-2 dan IA-5

2. Service Message
   yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC dikarenakan kesalahan yang terdeteksi oleh sistem dari suatu berita yang masuk. service message ini akan dikirimkan ke stasiun pengirim dan ke posisi supervision & correction terminal.

3. Outstation Command
    yaitu berita yang dialamatkan ke sistem dan berisi perintah yang akan dilaksanakan oleh sistem secara otomatis.

4. Priodic Message
    yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem amsc secara priodik. jenis berita ini terdiri atas 2 macam yaitu Channel Continuity check dan Midnight check.
Channel Check untuk menjamin bahwa saluran tetap terhubung baik (tidak putus), maka stasiun luar akan menerima sebuah "channel Continuity Check Message" dengan standar interval tertentu.
"Channel Check Message" dapat aktif dan di-non-aktifkan dengan instruksi (supervisory command)
Midnight Check setiap stasiun luar akan menerima "Number Comparison Message" pada jam 00:00 UTC.
nomor urut berita dari berita yang terakhir dikirim ke stasiun tersebut dan nomor urut berita dari berita yang terakhir diterima dari stasiun tersebut, bersama-sama dengan tambahan informasi statistik akan ditampilkan.  

5. Test Message
    yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC untuk tujuan test pada suatu saluran yang dikehendaki.

6. Acknowledgement Message
    Seluruh sinyal Anknowledgement yang dibangkitkan oleh sistem akan dicetak pada saluran "Reject Intercept Position"
ada dua macam sinyal Anknowledgement yang dihasilkan yaitu :
  • SS Message Acknowledgement
  • Out Station Command Acknowledgement
  •  
7. Duplicate Message
    Pada saat sistem melaksanakan instruksi retrieval dan mengirimkan berita-berita yang diminta, maka secara otomatis sistem akan meng-copy-nya pada "Reject Intercept Position/Correction"
Format Berita AFTN
 pada sistem AMSC terdapat dua format berita yang tersedia sesuai dalam peraturan ICAO annex 10 volume II yaitu
1.  Format Berita - International Telegraph Alphabet No.2 (ITA-2)
     Heading
      a) start of message signal, the character ZCZC
      b) Transmission Identification comprising;
          - circuit identification
          - Channel seuence number
      c) additional service information (if necessary)
          - one SPACE
          - no more then ten character
          - spacing signal 
     Address 
      a) alligment function [<=]
      b) priority indicator
      c) addressee indicator(s)
      d) alligment function [<=]
     Priority
      message category indicator
      distress messages.........................SS
      urgency messages.........................DD
      flight safety messages....................FF
      meteorological messages...............GG
      flight regularity messages...............GG
      aeronautical information services messages.....................GG
      aeronautical administrative messages..............................KK
      service messages..........................(as appropriate)
     Origin 
      a) filing time
      b) originator indicator
      c) priority alarm (when necessary)
      d) optional heading field
      e) alligment function [<=]
      Text 
      Ending 
       a) the page-feed seuence consisting of 7 line feeds [=======]
       b) the end of message signal, consisting of the letter N, appearing FOUR times in undivided suuence.
           NNNN   
2.  Format berita - International Alphabet No.5 (IA-5) 

     Heading
      a) start of heading (SOH) character 0/1
      b) Transmission Identification comprising;
          - circuit identification
          - Channel seuence number
      c) additional service information (if necessary)
          - one SPACE
          - no more then ten character
     
     Address 
      a) alligment function [<=]
      b) priority indicator
      c) addressee indicator(s)
      d) alligment function [<=]
     Priority
      message category indicator
      distress messages.........................SS
      urgency messages.........................DD
      flight safety messages....................FF
      meteorological messages...............GG
      flight regularity messages...............GG
      aeronautical information services messages.....................GG
      aeronautical administrative messages..............................KK
      service messages..........................(as appropriate)
     Origin 
      a) filing time
      b) originator indicator
      c) priority alarm (when necessary)
      d) optional headinginformation
      e) alligment function [<=]
       f) start of text character, character 0/2 (STX) 
      Text 
       the text of messages shall be drafted in accordance with material permitted in AFS message and shall      consist of all data between STX and ETX.
      Ending 
       a) an alligment function following the last line of text
       b) page feed character, character 0/11 (VT)vertical tape
       c) end of text character 0/3 (ETX)
Indonesia AFTN NETWORK 


1 komentar:

  1. Format yang anda jelaskan adalah format ITA-2 dan yang berlaku saat ini adalah IA-5 jika memungkinkan agar dapat dilakukan pengeditan informasi sehingga pembelajaran yang diterima terupdate.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here