Materi Tentang AWAN, tipe awan
Tipe AWAN
Tipe Awan Cirrus
• Terbentuk pada lapisan tinggi (16.000-20.000 ft)
• Komposisi pada umumnya terdiri dari kristal es
• Umumnya berwarna putih dan bentuknya sangat halus
• Arah gerakan dari barat ke timur
• Bentuknya terputus-putus akibat tiupan dari angin kencang lapisan atas (jetstream)
Awan-awan Stratus
- Awan-awan stratus biasanya berada pada bagian terbawah dari awan-awan rendah
- Sering terlihat seperti udara mendung yang menutupi langit dan kadang-kadang terpencarpencar
- Setiap unsur-unsur awan stratus mempunyai tepi sangat tidak begitu jelas yang dibandingkan dengan awan kumulus
- Kabut merupakan awan stratus yang terbentuk dipermukaan bumi
Tipe Stratus
- Cirrostratus (Awan tinggi) biasa disebut Halo disekitar matahari/bulan
- Altostratus (Awan menengah) sinar matahari terlihat menjadi suram
- stratus (Awan rendah) kadang-kadang matahari tidak terlihat (kabut tebal)
Awan-awan Cumulus
- Awan-awan cumulus adalah awan yang mengembang (seperti popcorn atau kembang kol)
- Sering diidentikkan dengan pergerakan vertikal udara
- Sel cumulus dapat berdiri sendiri atau bergabung satu sama lain membentuk cluster (kelompok) awan
- Dasar awan cumulus mirip dengan awan stratus jika dilihat tegak lurus
- Cumulus yang tebal dapat membuat langit menjadi gelap (menutupi sinar matahari)
Tipe Cumulus
- Cirrocumulus (tinggi) “Mackerel sky”
- Altocumulus (menengah)
- Stratocumulus (rendah)
Cumulonimbus (Cb)
- Adalah awan konvektif dengan dasar awan yang sangat gelap
- Berkembang secara vertikal (ketebalan sampai beberapa km)
- Puncak awan dapat berbentuk landasan (anvil)
- Dapat menyebabkan berbagai jenis presipitasi (mis : shower yang kuat, salju, hail, kilat dan tornado)
- Cb berkaitan erat dengan pengumpulan energi yang amat kuat serta kejadian downdraft dan updraft yang kuat
contoh awan cumulonimbus
Materi AFTN Inteligent Teleprinter
Secara hardware AFTN Intelligent
Teleprinter sama seperti suatu computer tetapi teleprinter ini memiliki program
AFTN untuk mendukung opersi penyaluran berita penerbangan. Hardware adalah
seperangkat alat-alat elektronik yang disusun sedemikian rupa sehingga satu
sama lain dapat berhubungan dan ketergantungan, yang membentuk suatu unit
computer.
Teleprinter ini terdiri dari Card-card yang berisi IC (Integrated Circuit) yang sering disebut micro chip,
keyboard, VDU/CRT/Screen, disk drive, printer, dan ditambahkan ATS card agar
dapat berkomunikasi secara current loop, tetapi jika tidak menggunaka ATS Intelligen
teleprinter hanya dapat berkomunikasi secara serial (RS232), secara diagram block AFTN Teleprinter dapat digambarkan
sebagai berikut.
Unit Hardware.
a. Central Processing Unit (CPU).
CPU merupakan pusat
pengolahan data dan pusat pengontrolan seluruh operasi hardware dari computer.
CPU terdiri dari beberapa bagian yang saling berkerja sama dan ketergantungan
antara unit satu dengan lainya. Satuan kecepatan CPU memproses data adalah MIPS
(Millions Instruction Per Second), yaitu jutaan intruksi dapat dikerjakan oleh
computer dalam setiap detiknya.
Didalam CPU terdapat
beberapa komponen yang sudah dibebani tugas sesuai dengan kemampuan atau
fungsinya masing-masing. Komponen-komponen ini antara lain, seperti Control
Unit, ALU (Arithmatic and Logical Unit) dan Internal Memory. Atara komponen
yang satu dengan yang lain saling berhubungan dan saling berkerja sama untuk mengolah
data sehingga menjadi satu output (keluaran), dan jika digambarkan diagram
block CPU sebagai berikut.
Blog diagram CPU
- Control Unit.
Merupakan salah satu unit
CPU yang bertugas mengontrol (melakukan supervise) terhadap operasi komputer
secara keseluruhan. Salah satu tugasnya yaitu mengambil instruksi (program) dari
internal storage, menganalisa intruksi, mengontrol intruksi ke bagian-bagian
lain, dan menyimpan hasil ke internal storage.
- Arithmatic and Logical
Unit (ALU).
Tugas bagian ini antara lain
untuk operasi-operasi arithmetic (arithmetic operations), operasi-operasi
logika (logic operation), serta manipulasi bit (bit manipulation seperti
pencarian record, penyisipan, dan sebagainya).
- Internal Storage.
Memory yang digunakan
untuk menyimpan program dan data yang sedang diolah ataupun diproses oleh
computer.
Secara garis besar arus
proses dari CPU, pertama seluruh instruksi-instruksi (program) dan data dibaca
dari media rekaman lalu disimpan dalam internal storage, lalu secara
baris-perbaris, instruksi perinstruksi, control unit mengambil (membaca) dari
internal storage kemudian menganalisa (kebenaran instruksi), kemudian
melaksanakan, dan terahir menyimpan hasilnya. Waktu melaksanakan
instruksi, misalnya proses aritmatika
A = 10 * 7 / (4+12)
Mamaka control unit
menyerahkan proses tersebut dan mengirim ke ALU, contoh lain misalnya
IF A > 5 THEN ….
Control
unit juga menyerahkan proses ini dan mengirim ke ALU untuk dilaksanakan.
Setelah itu hasilnya akan dikembalikan lagi oleh ALU ke control unit, dan
hasilnya akan disimpan oleh control unit di internal storage. Jika hasil tadi
dibutuhkan maka control unit akan mengambilnya lagi. Jika hasil atau suatu
perintah dari program meminta untuk mencetak baik pada layar monitor atau
printer, maka control unit pula yang akan mengirimkanya, jadi control unit
sangat berperan dalam suatu pengolahan data, walaupun demikian kita tidak dapat
mengesampingkan tugas internal storage dan ALU. Maka secara sekematik arus
kerja CPU dapat dilihat pada gambar berikut.
Diagram Block Arus kerja CPU
b. Input Output Unit (I/O Unit).
Input Output Unit adalah
devices yang merupakan komponen hardware yang lazim disebut dengan Peripheral
Equipment. Input output Unit merupakan peralatan yang digunakan untuk
menghubungkan CPU dengan media I/O (media perekaman seperti diskette, pita
magnit, kartu berlubang dan sebagainya.
diagram blok input/output unit
Input Output Unit dibagi
tiga jenis yaitu :
1.
Input Unit.
2.
Output Unit.
3.
I/O Unit.
- Input Unit.
Input unit adalah
peralatan (device) yang menghubungkan media input dengan CPU, dan berfungsi
untuk membaca, mentransfer dan mengirim data dari media input ke CPU, salah
satunya yang termasuk input unit adalah keyboard.
- Output Unit.
Output Unit adalah suatu
device yang menghubungkan CPU dengan media output, yang berfungsi untuk
mengirim, mentransfer dan menulis data yang telah diolah oleh CPU ke media
output, Yang termasuk dalam output unit adalah :
a.
Display Unit (layar monitor).
b.
Printer.
- Input/Output Unit.
Input/output unit adalah
device yang berfungsi ganda, baik sebagai input unit maupun Output Unit
sehingga input/output unit dapat membaca dan menulis (read/write) pada media
input output unit, yang termasuk dalam input output unit adalah :
a.
Magnetic Disk Unit.
b.
Magnetic Tape Unit.
c.
Cassette Unit.
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Sebelumnya saya telah membahas mengenai fasilitas komunikasi
penerbangan yang mana salah satu pembahasan adalah AFTN (Aeronautical
Fixed Telecommunication Center) dimana peralatannya ini dibagi menjadi
tiga bagian utama yaitu: Switching/AMSC (Automatic Message Switching
Center), Teleprinter/terminal (penerima/pengeditan/pengiriman) dan
Transmisi. sekarang saya akan membahas tentang transmisi dari AFTN yang
merupakan media penghubung antara AMSC dengan AMSC dan AMSC dengan
Teleprinter, biasanya berupa kabel, leased channel, radio link dan VSAT
serta peralatan HF SSB T/R. pada pembahasan ini akan mengupas seputar
VSAT (Very Small Aperture Terminal).
Defenisi VSAT
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah suatu perangkat transceiver satelit yang berukuran kecil unuk komunikasi data, suara dan fax yang handal antara beberapa site-disebut dengan earth station yang tersebar secara geografis. kata-kata "very small" pada akronim VSAT berhubungan dengan ukuran diameter piringan antena.
Modem VSAT
Antena VSAT
Kerugian VSAT
- Delay, sekitar 250 ms on single hop yaitu cara kerja VSAT pada dasarnya dilakukan melalui dua kali pancaran, dari VSAT ke Hub Station dan dari Hub Station ke VSAT yang dituju. untuk satu kali pancaran dibutuhkan waktu 0,25 detik,karena dua kali pancaran maka waktu yang dibutuhkan menjadi 0,5 detik sehingga dalam komunikasi terdpat delay inheren kurang lebih 5 detik.
- Fading, sinyal satelite mengalami pelemahan karena cuaca buruk maupun kabut seperti Ku atau Ka band.
- Interference,jaringan yang beroperasi pada C-band rentan terhadap interferensi dari sinyal-sinyal microwave terrestrial.
Keuntungan VSAT
- Cost-effective
- mudah dalam instalasi
- manajement jaringan tersentralisasi
- satelite dapat men-cover daerah yang sangat luas meliputi daerah luar maupun yang terpencil (nasional, regional maupun international)
- mendukung kecepatan data yang tinggi
- dapat terhubung dengan jaringan lain termasuk PSTN, dan cellular telephone system.
Space segment pada dasarnya terdiri dari satelite di ruang angkasa
yang menghubungkan banyak stasiun di bumi. satelite itu sendiri dapat
dibayangkan seperti suatu aktif repeater yang besar yang ada di ruang
angkasa
Tipe orbit satelite:
- LEO (Low Earth Orbit) : 500 to 900 km (need constellation for continous service)
- MEO (Medium Earth Orbit) : 5.000 to 1.200 km (need constellation for continous service)
- GEO (Geostationery Orbit) : 36.000 km (perfectly circullar and lies in the plane of equator)
Teori AMSC
Pengertian AMSC
AMSC (Automatic Message Switching Centre) adalah Suatu sistem
pengatur penyaluran berita (Message switching) berbasis komputer yang
bekerja secara Store and Forward artinya berita masuk ke AMSC disimpan
lalu disalurkan sesuai dengan address yang dituju. Fungsi yang dilakukan
oleh AMSC`adalah menerima berita, memproses berita, menyalurkan berita
sesuai dengan prioritas yang ada serta memberikan respon terhadap berita
khusus.
- Identifikasi Berita
- Penyaringan Berita (Filtering Message) sesuai dengan Format yang dikenal
- Perbaikan Berita yang menyimpang tapi masih dalam batas toleransi Sistem
- Penyimpanan Berita
- Pengalamatan Berita
- Pemberian Respon terhadap Berita sesuai dengan aturan yang ada
Karena Sistem AMSC digunakan untuk lingkungan penerbangan, maka sistem
AMSC harus mengikuti standar format dan aturan penanganan berita yang
ditetapkan oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) Annex
10 Volume II untuk jaringan AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication
Network).
AFTN adalah suatu Sistem Jaringan yang digunakan untuk Komunikasi
Data Penerbangan antara Satu Bandara dengan Bandara lainnya. Komunikasi
Data Penerbangan ini sangat penting karena berguna untuk mengirimkan
Jadwal Penerbangan, Berita Cuaca dan Berita lain yang berhubungan dengan
Penerbangan.
Dalam sistem AFTN di Bandara menggunakan peralatan yang dinamakan
AMSC (Automatic Message Switching Centre) yaitu sistem komunikasi data
penerbangan yang berbasis komputer.
Setiap Bandara mempunyai alamat yang tidak sama dan terdiri dari 4
karakter alfabet yang menunjukkan alamat Bandara tersebut dan 3 karakter
alfabet yang menunjukkan unit disuatu Bandara dan 1 karakter alfabet
yang menunjukkan Filler.
Contoh:
Alamat Unit Briefing Office Bandara Juanda Surabaya
WARRYOYX
WARR : Alamat AMSC Bandara Juanda Surabaya
YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Juanda Surabaya
Alamat Briefing Office Bandara Soekarno Hatta Jakarta
WIIIYOYX
WIII : Alamat AMSC Bandara Soekarno Jakarta
YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Address AFTN di Indonesia
FORMAT BERITA AFTN
Format Berita AFTN terdiri dari :
A. Heading
B. Address
C. Origin
D. Text/Isi Berita
E. Ending
A. Heading :
Heading terdiri dari :
1. Start Of Message (SOM) berupa Karakter ZCZC diikuti dengan Spasi
2. Transmission Identification, terdiri dari :
a. Circuit Identification (ID), terdiri dari 3 Karakter Alfabet
- Karakter Pertama mengidentifikasikan Pengirim
- Karakter Kedua mengidentifikasi Penerima
- Karakter Ketiga mengidentifikasi ID Saluran
b. Channel Sequence Number, terdiri dari 3 Digit dan bernilai dari 0000 sampai 9999
Setiap Channel harus mempunyai Nomor Urut sendiri dan Nomor ini
harus kembali ke 1 (Reset) pada saat Jam 00.00 GMT (Pergantian hari).
c. Time Of Transmission, terdiri dari DDmmss
DD = Tanggal mm = Jam ss = Menit
Time Of Transmission berubah sesuai Jam Pengiriman/saat Berita terkirim.
Contoh Heading :
ZCZC RIA0025 250810
artinya :
Berita ke 25 dikirim dari Channel A dari Stasiun A ke Stasiun B pada Tanggal 25 Jam 08 dan Menit ke 10.
B. Address :
Address terdiri dari :
1. Priority Indikator, berupa 2 Karakter yang menunjukkan Prioritas Berita
yang diberikan pada saat Berita dibuat
Prioritas Berita :
- SS = Berita Penting/Darurat yang harus segera tiba ditujuan
- DD = Berita yang perlu penanganan khusus
- FF = Berita Penerbangan Umum
- GG = Berita Meteorologi/Penerbangan Regular/Administrasi
- KK = Berita Reservasi/Jawatan Penerbangan Umum
2. Address Indikator, terdiri dari :
a. Location Indikator, berupa 4 Karakter Alfabet yang menunjukkan lokasi Tujuan
b. Organisation Address, berupa 3 Karakter Alfabet yang menunjukkan Organisasi Tujuan
c. Filler, berupa satu Karakter Alfabet X
Contoh Address :
FF WAAAYOYX
artinya :
FF : Prioritas Berita
WAAAYOYX : Address Indikator
WAAA : Location Indikator/Lokasi AMSC Tujuan
YOY : Organization Addressed/Organisasi Tujuan (Unit)
X : Filler
C. Origin
Origin terdiri dari :
1. Filling Time, mempunyai Format DDhhmm yaitu DD = Tanggal, mm =
Jam dan mm = Menit pada saat Berita dibuat.
2. Origin Indikator terdiri dari :
a. Location Indikator, berupa 4 Karakter Alfabet yang menunjukkan lokasi Asal
b. Organisation Address, berupa 3 Karakter Alfabet yang menunjukkan Organisasi Asal
c. Filler, berupa satu Karakter Alfabet X
Contoh Origin :
251025 WIIIYOYX
artinya :
251025 : Tanggal 25, Jam 10 dan Menit ke 25 Berita dibuat
WIIIYOYX : Origin Indikator
WIII : Location Indikator/Lokasi AMSC Asal
YOY : Organisation Address/Organisasi Asal (Unit)
X : Filler
D. Text/ Isi Berita
Panjang Text tidak boleh lebih dari 1800 Karakter
F. Ending/End Of Message (EOM)
Berupa 4 Karakter Alfabet NNNN
SERVER AMSC :
Server AMSC adalah Tempat Pemrosesan Berita dimana Server AMSC terdiri dari AMSC A dan AMSC B.
Tampilan AMSC pada server 1 sampai 16
Tampilan AMSC pada server 17 sampai 32
Keterangan :
Inf : Informasi tiap Channel
Init : Format Removable Storage
Date : Untuk setting (Bulan/Tanggal/Tahun)
Time : Untuk setting waktu (Jam : Menit : Detik)
Amsc : Informasi AMSC
dwn : Untuk Shutdown AMSC
A : Untuk mengaktipkan AMSC A
X : Untuk keperluan Instalasi
01/21/2002 : Menunjukkan Tanggal, Bulan dan Tahun
12:15:23 : Menunjukkan waktu Jam, Menit dan Detik
001 → 003 : 001 Menunjukkan Channel
003 Menunjukkan Correction
Mon : Menunjukkan Channel yang dimonitor
Circ : Circuit (TfRf, TfRn, TnRf, TnRn)
Tsq : Menunjukkan Transmit Sequence Number yang akan datang
Rsq : Menunjukkan Receiver Sequence Number yang akan dating
Altr │pri
000 │1 : Menunjukkan Channel yang dialternate dan Priority
(1 → SS, 2 → DD & FF, 3 → GG & KK, 123 → semua Priority)
Q : Menunjukkan antrian Berita pada Saluran tersebut
Thursday, May 30, 2013
Klasifikasi AWAN
Sekarang kita bercerita tentang awan, Awan adalah Kumpulan dari
titik-titik air atau kristal es yang terlihat dan mengapung di udara.
mengapa awan? kondisi cuaca saat melakukan suatu penerbangan sangatlah
berperan penting karena menyangkut keselamatan selama penerbangan.
sebelum terbang seorang pilot senantiasa mendapatkan laporan cuaca
seperti kecepatan angin, visibility atau jarak pandang dan juga jenis
awan apa yang ada pada saat itu. sehingga pilot dapat memutuskan untuk
terbang atau membatalkan penerbangannya ataupun membatalkan
pendaratannya disuatu bandara karena alasan cuaca buruk.
Klasifikasi Awan
Sistem Klasifikasi Awan diperkenalkan oleh Luke Howard tahun 1803 dan
dipakai sampai dengan saat ini, nama-nama awan berasal dari bahasa
Latin. terdapat dua bagian dari nama Awan diambil berdasarkan Bentuk
(mis: cirrus, stratus, cumulus) dan Ketinggian (mis : dasar awan dan
perluasan vertikal).
Bentuk dan Ketinggian Awan
- Bentuk
- Stratus = berlapis-lapis
- Cumulus = gumpalan yang menutup langit dan bentuknya seperti timbunan
- Cumulus = gumpalan yang menutup langit dan bentuknya seperti timbunan
- Ketinggian
- Cirro = tinggi (tinggi dasar awan sekitar 20,000 ft)
- Alto = menengah (tinggi dasar awan 7,000-20,000 ft)
- Nimbo = awan yang menghasilkan hujan
- Alto = menengah (tinggi dasar awan 7,000-20,000 ft)
- Nimbo = awan yang menghasilkan hujan
4 Kelompok klasifikasi awan berdasarkan ketinggian
- Awan Tinggi / Cirrus (16,000 – 43,000 ft) Cirrus, Cirrostratus, Cirrocumulus
- Awan Menengah / Alto (6,500 – 23,000 ft) Altostratus, Altocumulus
- Awan Rendah / Stratus (permukaan sd 6,500 ft) Stratus, Stratocumulus, Nimbostratus
- Awan Vertikal Cumulus, Cumulonimbus
materi VHF-ER
Very High Frequency-Extended Range
(VHF-ER)
Pelayanan komunikasi dalam penerbangan sangat berperan penting
terhadap lalu lintas penerbangan yang teraturefisien dan ekonomis,
dimana peran komunikasi ini terkait hubungan operator didarat dengan
pilot yang terbang dari satu lokasi ke lokasi tujuannya. untuk itu
digunakanlah sebuah peralatan komunikasi yang dapat menjangkau area
terbang sang pilot.
peralatan komunikasi antara pilot dengan petugas controller
menggunakan VHF-A/G yang mana pada unit ADC/APP/ACC melakukan
pengontrolan pergerakan pesawat sesuai dengan bagian masing-masing.
karena keterbatasan jangkauan pancaran dari VHF-A/G ini sehingga pada
daerah-daerah tertentu yang menjadi kawasan pengontrolan tidak dapat
tercover sehingga dipasanglah VHF-ER ini.
Antena VHF yang sangat tinggi ditempatkan didaerah pegunungan atau
didaerah dataran tinggi, selanjutnya dibangun stasiun radio untuk
penempatan peralatan dimaksud sehingga dapat menjangkau daerah yang
sangat luas sesuai kebutuhan pelayanan penerbangan (ACC-area). power
dari peralatan ini sebesar 100 watt - 200 watt tergantung kebutuhan area
jangkauan yang dikehendaki, letak geografis penempatan alat tersebut
terkait seberapa jauh pancaran yang diharapkan.untuk transmisi VHF-ER ke
stasiun Center ini sendiri menggunakan V-SAT.
Antena VHF-ER
sebenarnya fungsi VHF-ER ini adalah memperkuat sinyal dari
peralatan utama yang mana peralatan utama ditempatkan di bandara yang
bertanggung jawab terhadap pelayanan lalu lintas udara misalkan Bandar
Udara Sultan Hasanuddin makassar sebagai center di bagian timur
sedangkan Bandar Udara Soekarno Hatta jakarta sebagai center bagian
barat. sedangkan untuk VHF-ER sendiri yang ada di indonesia ditempatka
didaerah-daerah seperti Gunung
Linten Aceh, Pekan Baru, Sidikalang, Sibiru-biru, Pangkal Pinang,
Palembang, Tanjung Pandan, Tangkuban Perahu, Pangandaran, Jangli
Semarang, Gedangan Surabaya, Kintamani Bali, Pontianak, Banjarmasin,
Pangkalan Bun, Tarakan, Muara teweh, Balikpapan, Palu, Malino,Bukit
Kendari, Waingapu, Kupang, Makauwembeng Manado, Gunung Nona Ambon,
Sorong, Saumlaki, Biak, Timika, Merauke, Bontang, Galela, Jayapura.
Jangkauan Fasilitas VHF-ER di Indonesia
jangkauan VHF-ER pada Upper Control Area (UTA) dari FL245 sampai FL460
Tuesday, May 28, 2013
Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN)
Kali ini saya akan membahas bagian dari komunikasi radio
penerbangan tetap atau Aeronautical Fixed Service (AFS). pertama saya
akan memberikan penjelasan tentang Aeronautical Fixed Telecommunication
Network (AFTN), semoga bahan ini bermanfaat bagi pembaca semua. trima
kasih
Pengertian AFTN
Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN) adalah suatu
sistem internasional jaringan tetap penerbangan yang disediakan, sebagai
bagian dari layanan tetap penerbangan,untuk pertukaran pesan dan /atau
data digital antar stasiun tetap penerbangan dan memiliki karakteristik
yang sama dan yang kompatibel.
Jenis berita AFTN
Ada 7 jenis berita (message) yang berlaku pada sistem AMSC yaitu:
- Normal Message
- Service message
- Outstation message
- Priodic message
- Test message
- Anknowledgement message
- duplicated message
yaitu berita dari pemakai yang harus disalurkan ke alamat tujuannya. terdapat dua macam format berita, yaitu ITA-2 dan IA-5
2. Service Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC dikarenakan kesalahan yang terdeteksi oleh sistem dari suatu berita yang masuk. service message ini akan dikirimkan ke stasiun pengirim dan ke posisi supervision & correction terminal.
3. Outstation Command
yaitu berita yang dialamatkan ke sistem dan berisi perintah yang akan dilaksanakan oleh sistem secara otomatis.
4. Priodic Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem amsc secara priodik. jenis berita ini terdiri atas 2 macam yaitu Channel Continuity check dan Midnight check.
Channel Check untuk menjamin bahwa saluran tetap terhubung baik (tidak putus), maka stasiun luar akan menerima sebuah "channel Continuity Check Message" dengan standar interval tertentu.
"Channel Check Message" dapat aktif dan di-non-aktifkan dengan instruksi (supervisory command)
Midnight Check setiap stasiun luar akan menerima "Number Comparison Message" pada jam 00:00 UTC.
nomor urut berita dari berita yang terakhir dikirim ke stasiun tersebut dan nomor urut berita dari berita yang terakhir diterima dari stasiun tersebut, bersama-sama dengan tambahan informasi statistik akan ditampilkan.
5. Test Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC untuk tujuan test pada suatu saluran yang dikehendaki.
6. Acknowledgement Message
Seluruh sinyal Anknowledgement yang dibangkitkan oleh sistem akan dicetak pada saluran "Reject Intercept Position"
ada dua macam sinyal Anknowledgement yang dihasilkan yaitu :
- SS Message Acknowledgement
- Out Station Command Acknowledgement
Pada saat sistem melaksanakan instruksi retrieval dan mengirimkan
berita-berita yang diminta, maka secara otomatis sistem akan
meng-copy-nya pada "Reject Intercept Position/Correction"
Format Berita AFTN
pada sistem AMSC terdapat dua format berita yang tersedia sesuai dalam peraturan ICAO annex 10 volume II yaitu
1. Format Berita - International Telegraph Alphabet No.2 (ITA-2)
Heading
a) start of message signal, the character ZCZC
b) Transmission Identification comprising;
- circuit identification
- Channel seuence number
c) additional service information (if necessary)
- one SPACE
- no more then ten character
- spacing signal
Address
a) alligment function [<=]
b) priority indicator
c) addressee indicator(s)
d) alligment function [<=]
Priority
message category indicator
distress messages.........................SS
urgency messages.........................DD
flight safety messages....................FF
meteorological messages...............GG
flight regularity messages...............GG
aeronautical information services messages.....................GG
aeronautical administrative messages..............................KK
service messages..........................(as appropriate)
Origin
a) filing time
b) originator indicator
c) priority alarm (when necessary)
d) optional heading field
e) alligment function [<=]
Text
Ending
a) the page-feed seuence consisting of 7 line feeds [=======]
b) the end of message signal, consisting of the letter N, appearing FOUR times in undivided suuence.
NNNN
2. Format berita - International Alphabet No.5 (IA-5)
Heading
a) start of heading (SOH) character 0/1
b) Transmission Identification comprising;
- circuit identification
- Channel seuence number
c) additional service information (if necessary)
- one SPACE
- no more then ten character
Address
a) alligment function [<=]
b) priority indicator
c) addressee indicator(s)
d) alligment function [<=]
Priority
message category indicator
distress messages.........................SS
urgency messages.........................DD
flight safety messages....................FF
meteorological messages...............GG
flight regularity messages...............GG
aeronautical information services messages.....................GG
aeronautical administrative messages..............................KK
service messages..........................(as appropriate)
Origin
a) filing time
b) originator indicator
c) priority alarm (when necessary)
d) optional headinginformation
e) alligment function [<=]
f) start of text character, character 0/2 (STX)
Text
the text of messages shall be drafted in accordance with material
permitted in AFS message and shall consist of all data between STX
and ETX.
Ending
a) an alligment function following the last line of text
b) page feed character, character 0/11 (VT)vertical tape
c) end of text character 0/3 (ETX)
Monday, May 27, 2013
HF-SINGLE SIDE BAND dalam Komunikasi Penerbangan
Pengertian HF-SSB
Peralatan komunikasi yang digunakan untuk melakukan pertukaran
berita penerbangan melalui suara (untuk kordinasi antar unit-unit
ATS/Air Traffic Service) dalam bentuk single side band. peralatan ini
digunakan pada bandara-bandara kecil yang merupakan penunjang fasilitas
Aeronautical Telecommunication Network (ATN) untuk unit ATS yang belum
memiliki AMSC (Automatic Message Switching Center), difungsikan untuk
melakukan komunikasi point to point.
Pengenalan HF-SSB
Pada peralatan HF-SSB menggunakan sinyal AM yang memuat carrier dan
dua side band, masing-masing berisi semua informasi yang ada si sinyal
modulasi. sinyal AM memiliki bandwith yang lebar dan power pancaran akan
menjadi besar. dalam komunikasi standar, bandwith akan dibatasi.
apabila sinyal AM digunakan maka kedua side band akan dipancarkan.
penggunaan salah satu side band akan menjadi efesien dalam komunikasi.
Overview of SSB
- Apabila menggunakan mode AM (DSB), maka setiap kita menekan PTT, gelombang pembawa (carrier) langsung terpancar walaupun belum ada modulasi.
- pancaran carrier dengan tanpa modulasi tersebut sebenarnya merupakan suatu pemborosan.
- pemborosan tersebut dapat dihilangkan dengan menggunkan balance modulator.
- gelombang pembawa (carrier) hanya terpancar bila ada modulasi, pancaran semacam ini dinamakan pancaran Double Side Band Suppressed Carrier (DSBSC)
- sinyal SSB dihasilkan dengan dua cara yaitu Metode Phase Shift dan Metode filter
- metode phase shift tidak menggunakan filter (secara digital)
- metode filter menggunakan balance modulator
sinyal yang dihasilkan oleh modulator AM (DSB)
sinyal AM (DSB) dalam domain frekwensi
Modulator menggunakan phase shift
Metodemenggunakan balance modulator (balance mixer)
Kontruksi sinyal SSB
Materi Air Traffic Service
A. Pengertian Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC)
Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Control, ATC) adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara
untuk mencegah antarpesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah
tabrakan antarpesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada
di sekitarnya selama beroperasi. ATC atau yang disebut dengan Air Traffic Control juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu Pilot
dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang
dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi
penerbangan, dan informasi lalu lintas udara). ATC adalah rekan terdekat
pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan
penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvering area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC, yang kemudian ATC akan memberikan informasi, instruksi, Clearence/mandat
kepada Pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan, semua
komunikasi itu dilakukan dengan peralatan yang sesuai dan memenuhi
aturan. ATC merupakan salah satu media strategis untuk menjaga
kedaulatan suatu wilayah/suatu negara
B. Tujuan Pelayanan ATC
Berikut ini adalah tujuan pelayanan lalu lintas udara yang diberikan
oleh ATC berdasarkan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS)
bagian 170.- Mencegah tabrakan antarpesawat.
- Mencegah tabrakan antarpesawat di area pergerakan rintangan di area tersebut.
- Mempercepat dan mempertahankan pergerakan lalu lintas udara.
- Memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
- Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang dipersyaratkan.
C. Pembagian Pelayanan Lalu Lintas Udara
Sesuai dengan tujuan pemberian Air Traffic Services, Annex 11,
International Civil Aviation Organization (ICAO),1998, Pelayanan Lalu
Lintas Udara terdiri dari 3 (tiga) layanan yaitu:
Pelayanan Pengendalian Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controll Service), pada ruang udara terkontrol (Controlled Airspace) terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu:
- Aerodrome Control Service : Memberikan layanan Air Traffic Control Service, Fligh Information Service, dan Alerting Service yang diperuntukkan bagi pesawat terbang yang beroperasi atau berada di bandar udara dan sekitarnya (vicinity of aerodrome) seperti take off, landing, taxiing, dan yang berada di kawasan manoevering area, yang dilakukan di menara pengawas (control tower). unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Aerodrome Control Tower (ADC)
- Approach Control Service : Memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service, dan Alerting Service, yang diberikan kepada pesawat yang berada diruang udara sekitar bandar udara, baik yang sedang melakukan pendekatan maupun yang baru berangkat, terutama bagi penerbangan yang beroperasi terbang instrumen yaitu suatu penerbangan yang mengikuti aturan penerbangan instrumen atau dikenal dengan instrumen flight rule (IFR). unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Approach Control Office (APP).
- Area Control Service : Memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service, dan Alerting Service, yang diberikan kepada penerbang yang sedang menjelajah (en-route flight) terutama yang termasuk penerbangan terkontrol (controlled flights). Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Area Control Centre (ACC).
Pelayanan Informasi Penerbangan (Flight Information Service) : Flight Information Service adalah pelayanan yang dilakukan dengan
memberikan berita dan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk
keselamatan, keamanan, dan efisiensi bagi penerbangan.
Pelayanan keadaan darurat (alerting service) : Pelayanan keadaan darurat adalah pelayanan yang dilakukan dengan
memberitahukan instansi terkait yang tepat, mengenai pesawat udara yang
membutuhkan pertolongan search and rescue unit dan membantu instansi
tersebut, apabila diperlukan.
FASILITAS KOMUNIKASI PENERBANGAN (AERONAUTICAL COMMUNICATION FASILITIES)
FASILITAS KOMUNIKASI PENERBANGAN
(AERONAUTICAL COMMUNICATION FACILITIES)
Assalamualaikum Wr.Wb kali ini saya mencoba memberikan sedikit artikel
mengenai materi dalam komunikasi penerbangan, semoga para pembaca lebih
mengetahui dalam dunia penerbangan, komunikasi yang terjadi antara
penerbang (pilot pesawat udara) dan petugas pengontrol di darat atau
disebut pengatur lalu lintas penerbangan (Air Traffic Controller) dan
juga antar petugas didarat menggunakan alat komunikasi yang terbagi
dalam 2 (dua) kelompok yaitu :
1. Peralatan komunikasi antar stasiun penerbangan (aeronautical fixed service/AFS)
2. Peralatan komunikasi lalu lintas penerbangan (aeronautical mobile service/AMS)
A. Aeronautical Fixed Service (AFS)
Peralatan komunikasi antar stasiun penerbangan atau biasa disebut
layanan tetap penerbangan adalah hubungan komunikasi antar tempat-tempat
yang tetap dan tertentu (poin to point), terutama disediakan untuk
keselamatan lalu lintas penerbangan dan terselenggaranya penerbangan
secara teratur, efesien dan ekonomis.
hubungan poin to point ini diperlukan oleh unit-unit keselamatan penerbangan meliputi :
- Inter-area communication yaitu hubungan antara pusat-pusat keselamatan pengawasan lalu lintas penerbangan ACC/FIC/FSS dengan ACC/FIC/FSS yang berbatasan.
- Intra-area communication yaitu hubungan antara ACC/FIC/FSS dengan unit APP/ADC/AFIS yang berada dalam daerahnya.
dalam hubungan ini juga termasuk keperluan berita dari/antara
kantor-kantor Meteo, Notam, RCC, dan dalam batas-batas tertentu antar
kantor perusahaan penerbangan.
Jenis dan sistem komunikasi AFS
- Printed Communication yaitu berita penerbangan yang dipertukarkan dalam bentuk berita tertulis yang dicetak. jenis ini dipergunakan pada komunikasi AFTN (Aeronautical Fixed telecommunication Network)
- Speech Communication yaitu pertukaran berita dilakukan secara langsung khusus untuk pertukaran informasi dan koordinasi dalam pengawasan lalu lintas penerbangan. dipergunakan untuk keperluan unit-unit ATS (air traffic service) direct speech serta fix voice communication coordination
- AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication Network)
- AMSC ( Automatic Message Switching Center)
- VSCS (Voice Switching & Control System)
- AMHS (Aeronautical Message Handling System)
- HF (high Freuency)
- VSAT (Very Small Aparture Terminal)
- ATIS (Automatic Terminal Information Service)
- PABX (Private Automatic Branch Exchange)
- VOICE RECORDER
- HF Data Link
- Radio Link
Perlatan Komunikasi lalu lintas penerbangan atau biasa
disebut komunikasi radio penerbangan bergerak adalah hubungan atau
komunikasi radio timbal balik antara pengawas lalu lintas penerbangan
ACC/APP/ADC/AFIS/FSS/FIC dengan pilot pesawat terbang dalam rangka untuk
pertukaran berita untuk keperluan pengendalian operasi lalu lintas
penerbangan secara aman, lancar dan teratur.
secara umum komunikasi penerbangan bergerak (Aeronautical Telecommunication Service) terdiri dari dua jenis yaitu :
- Komunikasi Aktif (controlled airspaced)
- komunikasi pasif (uncontrolled airspaced)
Fasilitas komunikasi penerbangan untuk menunjang layanan aeronautical mobile service antara lain
- untuk komunikasi aktif : fasilitas komunikasi VHF-A/G yang dilengkapi dengan fasilitas recorder dan Fasilitas VHF-ER berada di lokasi-lokasi luar bandara untuk memperluas jangkauan bandara sehingga sesuai dengan ruang udara ACC
- untuk komunikasi pasif : fasilitas komunikasi lalu lintas penerbangan ruang udara Flight Service Sector berupa fasilitas komunikasi HF-RDARA/MWARA
MWARA(2 unit)
Jenis media/komunikasi AMS
- Menggunakan radio frekwensi tingkat tinggi atau Very High Freuency (VHF) pada pita freuensi antara 118-136 Mhz.
- Menggunakan Radio frekwensi tingkat tinggi atau gelombang pendek atau High Freuency yang beroprasi pada pita 2850-22000 Khz.
- VHF-A/G (Very High Freuency-Air to Ground atau Ground to Air)
- VHF-ER (Very High Feuency-Extended Range)
- VDL (VHF-Data Link)
- ATN (Aeronautical Telecommunication Network)
- HF SSB (High Freuency Single Side Band)
- ATIS
- VOICE RECORDER
- Radio Link
- Console Desk
Friday, May 10, 2013
Propagasi Gelombang Radio
Gelombang radio merupakan gelombang eletromagnetik pada spektrum
frekuensi radio, transmisi gelombang eletromagnetik diruang udara adalah
sebagai gelombang transversal. gelombang dikarakterisasikan oleh
frekuensi dan panjang gelombang V= f . lamda
V = Kecepatan (m/dt), diruang bebas v = c = 3x10m/dt
f = Frekuensi (Hz)
lamda = Panjang Gelombang
Propagasi Line Of Sight (LOS)
pada ruang bebas gelombang elektomagnetik yang berasal dari antena
pemancar menyebar langsung kesegala arah. arah propagasi dari antena
menghasilkan vektor yang saling memotong dihasilkan dari medan listrik
(E) dan medan magnet (H),polarisasi yang diterima antena idealnya harus
sama dengan polarisasi yang dipancarkan,polarisasi yang di transmisikan
sama dengan yang diterima.
Lintasan gelombang frekuensi radio pada prinsipnya bergerak secara garis lurus, dan dalam perjalanannya terjadi perubahan disebabkan antara lain :
Lintasan gelombang frekuensi radio pada prinsipnya bergerak secara garis lurus, dan dalam perjalanannya terjadi perubahan disebabkan antara lain :
- sifat gelombang pada tiap band frekuensi;
- sifat lapisan-lapisan atmosfer bumi;
- keadaan lingkungan lintasan gelombang (topografi)
- Defraksi (pembelokan)
- Refleksi (pemantulan)
- Refraksi (pembiasan/penyerapan)
- Ground Wave
- Space Wave
- Sky Wave
Spesifikasi Peralatan VHF-A/G
terdapat beberapa spesifikasi dari peralatan VHF-A/G diantaranya:
Aerodrome Control (ADC) Jarak Pelayanan 25 NM Flight Level FL 040
Approach Control Low (APP-L) jarak service 25 NM Flight Level FL 100
Approach Control Intermediate (APP-I) jarak service 40 Flight Level FL 150
Approach Control High (APP-H) jarak service 50 NM Flight Level FL 250
Area Control Service (Lower Air Space) (ACC-L) jarak service FIR Flight Level FL250
Flight Information Service (Lwer Air Space) (AFIS) jarak Service FIR Flight Level FL 250
VHF Area Control Service (Upper Air Space) (ACC-U) jarak service UIR Flight Level FL 450
- Range Frekuensi : 118 Mhz-136,975 Mhz
- Power Pancaran : < 25 Watt, 50 Watt, 100 Watt
- Type Modulasi : Amplitudo Modulasi (AM)
- Jenis Pancaran : Omni directional
- Jenis Informasi : Voice
- Propagasi : Line Of Sight (LOS)
- Penunjang : console desk, Meteorologi System, Voice Recording
Aerodrome Control (ADC) Jarak Pelayanan 25 NM Flight Level FL 040
Approach Control Low (APP-L) jarak service 25 NM Flight Level FL 100
Approach Control Intermediate (APP-I) jarak service 40 Flight Level FL 150
Approach Control High (APP-H) jarak service 50 NM Flight Level FL 250
Area Control Service (Lower Air Space) (ACC-L) jarak service FIR Flight Level FL250
Flight Information Service (Lwer Air Space) (AFIS) jarak Service FIR Flight Level FL 250
VHF Area Control Service (Upper Air Space) (ACC-U) jarak service UIR Flight Level FL 450
Wednesday, May 8, 2013
Pengertian VHF-A/G dalam dunia penerbangan
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DEFINISI VHF-A/G
saya mulai menulis sedikit bahan untuk berbagi ilmu dengan pembaca,
semoga bermanfaat dan apabila ada komentar dan saran silahkan pembaca
postkan
DEFINISI VHF-A/G
VHF Air To Ground merupakan Aeronautical Mobile Services (AMS) yaitu
peralatan komunikasi penerbangan dari darat keudara atau sebaliknya
berupa informasi penerbangan dan pengaturan pergerakan pesawat termasuk
pendaratan dan lepas landas digunakan di unit pelayanan ATS sebagai
sarana komunikasi dengan pilot dipesawat udara.
komunikasi mempunyai peran penting untuk menentukan mutu/kualitas
pelayanan lalu lintas udara (ATS),oleh karena itu ketersediaan dan
kehandalan peralatan harus menjadi prioritas bagi pengelola bandara.
dalam konteks pelayanan lalu lintas penerbangan terdapat beberapa bagian atau unit pelayanan ATS antara lain:- Aerodrome Flight Information Service (AFIS)
- Aerodrome Control Center (ADC)
- Approach Control Center (APP)
- Area Control Center (ACC)
Blok Diagram VHF-AG Tower Set
Tidak ada komentar:
Posting Komentar